Sabtu, 03 Januari 2015

Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan dan Pengobatan Tradisional




Temulawak diketahui sebagai bahan obat tradisional asli Indonesia. Temulawak merupakan salah satu tanaman temu-temuan, yakni tanaman. berbentuk akar dan rimpang (batang di bawah tanah) yang digunakan untuk membuat obat. Temulawak hidup didaerah dengan ketinggian 5 – 750 meter diatas permukaan laut.

manfaat temulawakSebagai tanaman herbal, tentunya temulawak memiliki segudang manfaat, namun hati-hati saat membedakan kunyit dengan temulawak karena keduanya terlihat sama. Mari kita bahas manfaat temulawak yang menakjubkan.

Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan
Temulawak sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia, berikut ini adalah beberapa diantara manfaat temulawak tersebut :
1. Memelihara Fungsi Hati
Katagoga dalam temulawak memiliki khasiat menjaga kesehatan fungsi hati. Katagoga memproduksi empedu dalam hati dan merangsang pengosongan kandung empedu. Dalam uji klinik yang dilakukan pada temulawak, memberikan hasil enzim yang dapat berguna untuk menurunkan kadar SGOT dan SGPT dalam dosis 15-30 mg kurkumin.

2. Mengurangi radang sendi
Kandungan kurkumin dalam temulawak sama dengan 100 mg fenibutazon yang mengurangi radang sendi dan nyeri. Cara kerjanya yakni dengan melakukan penghambatan perpindahan sel-sel leuksit kepada daerah radang atau dangan penghambatan pembentukan serta transportasi mediator radang yaitu prostagladin. Hasil pengujian memberikan hasil perbaikan pada penderita radang sendi.
Di India, telah lama menggunakan tanaman herbal selama ribuan tahun untuk mengobati dan mencegah peradangan seperti arthritis. Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2009 dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine , pasien yang diperiksa bermasalah pada radang sendi lutut meminum ekstrak temulawak dan ibuprofen setiap hari selama enam minggu. Pada akhir penelitian, para peneliti menemukan bahwa ekstrak temulawak bekerja sama dengan baik oleh ibuprofen, untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh arthritis tanpa mengalami efek samping yang merugikan.
3. Masalah pencernaan
Zat di dalam temulawak, mampu merangsang produksi empedu di kandung empedu, yang dapat membantu meningkatkan pencernaan. Khasiat temulawak memberikan dukungan terhadap berbagai masalah pencernaan termasuk gangguan pencernaan, kembung, gas dan dispepsia seperti manfaat kunyit.
Sebuah studi tahun 2006 yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Gastroenterology dan Hepatology, para pasien yang memakai suplemen kunyit setiap hari mengalami tingkat kekambuhan yang jauh lebih rendah dibandingkan pasien yang memakai plasebo selama enam bulan.
4. Membantu Menurunkan Lemak Darah
Manfaat temulawak menghasilkan fraksi kurkuminoid yang merupakan ekstrak temulawak, untuk membantu menurunkan kadar kolesterol total dan memberikan peningkatan pada kadar kolesterol HDL Zat kurkumaid diduga berperan dalam menurunkan lemak darah, yang tentu saja berdampak baik pada kesehatan jantung dan berdampak baik sistem kardiovaskuler dalam tubuh.
5. Melawan Kanker
Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2001 dalam jurnal ilmiah “The Prostat,” menemukan bahwa curcumin secara signifikan dapat menghambat pertumbuhan kanker prostat dan berpotensi untuk mencegah perkembangan kanker hormon lainnya. Meskipun percobaan lanjutan terhadap manusia masih diperlukan sebelum dokter dapat merekomendasikan temulawak.
University of Maryland Medical Center menjelaskan bahwa, tanaman herbal dapat bekerja menghentikan pertumbuhan pembuluh darah yang memasok pertumbuhan kanker dan merupakan efek pencegahan yang mungkin berasal dari aktivitas antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan.
Manfaat Temulawak Bagi Pengobatan
Sebagai tanaman herbal temulawak banyak digunakan dalam tips pengobatan tradisional, berikut diantaranya :
6. Obat penyembuhan hepatitis
Siapkan 2 jari temulawak, lalu cuci dan kupas. Iris dan rebus dengan ½ liter air dan tambahkan sedikit gula aren. Rebus hingga airnya tinggal setengah. Minum ramuan ini dua kali sehari.
7. Meredakan derita asma
Siapkan ½ rimpang temulawak, kemudian cuci bersih. Kupas dan iris temulawak. Rebus dengan 5 gelas air dan campurkan gula aren secukupnya. Rebus hingga airnya tinggal setengah. Larutan herbal ini diminum tiga kali sehari.
8. Pengobatan untuk sakit ginjal
Temulawak dicuci bersih dan dikupas. Siapkan 4 gelas air lalu rebuslah temulawak dengan segenggam daun kumis kucing dan segenggam daun meniran. Rebus sampai airnya tersisa setengah. Rebusan ini diminum sebanyak tiga kali sehari.
9. Menyembuhkan bisul
Temulawak yang sudah dicuci bersih, lalu dikupas. Rebus temulawak dengan 2 gelas air dan sedikit gula aren. Rebuh hingga airnya setengah lalu angkat. Tambahkan seibu jari asam jawa. Tunggu agak dingin, kemudian disaring dan diminum sekaligus.
Efek Samping Temulawak
Temulawak tampaknya aman bagi kebanyakan orang ketika digunakan pada jangka waktu yang singkat, hingga 18 minggu. Tapi temulawak mungkin tidak aman bila digunakan dalam jumlah besar atau untuk jangka waktu yang lama. Hal itu dapat menyebabkan iritasi lambung dan mual. Peringatan khusus pada pemakaian oleh ibu hamil menyusui, karena tidak cukup diketahui tentang penggunaan temulawak ini selama kehamilan dan menyusui. Tetap agar lebih aman, hindari penggunaannya.
Dosis yang tepat untuk konsumsi temulawak ini,  tergantung pada beberapa faktor seperti usia pengguna, kesehatan, dan beberapa kondisi lain. Pada saat ini tidak ada informasi ilmiah yang cukup untuk menentukan kisaran dosis yang tepat untuk temulawak. Perlu diketahui bahwa produk alami mungkin tidak selamanya aman dan ini penting untuk diketahui sebelumnya. Pastikan untuk mengikuti petunjuk yang relevan pada label produk dan lakukan konsultasi pada apoteker atau para profesional kesehatan sebelum menggunakan obat olahan temulawak.
10 Khasiat Temulawak Yang Bagus Untuk
Kesehatan Anda
Zat Yang Terdapat Dalam Temulawak Yang
Bermanfaat Untuk Kesehatan Tubuh Anda
1. Pati 48.18% – 59.64% – membantu proses
metabolisme.
2. Protin 29.00% – 30.00%
3. Abu 5.26% – 7.07%
4. Serat 2.58% – 4.83% – memulihkan kebugaran
badan
5. Kurkumin 1.60% – 2.20% – dapat melancarkan
proses pencernaan
6. Minyak asiri 6.00% – 10.00% – dapat meningkatkan
fungsi ginjal
7. Phelandren – membantu melancarkan pengeluaran
toksin tubuh melalui air kencing
8. Kamfer
9. Turmerol – membantu proses metabolisme
10. Borneol – membantu memulihkan kesehatan tubuh
akibat penyakit
11. Sineal
12. Xanthorrhizol
Berikut 10 Manfaat Khasiat Temulawak Untuk
Membantu Meningkatkan Kesehatan Anda.
1. Temulawak dipercaya dapat melancarkan ASI dengan
cara 20 gram rimpang temulawak dicuci kemudian
diparut, hasil parutan diperas dan disaring kemudian
direbus sampai mendidih, setelah didinginkan,
campurkan dengan 2 sendok makan madu kemudian
diaduk rata lalu diminum pagi dan sore hari.
2. Temulawak dipercaya sebagai antioksidan yang
mampu memelihara kesehatan tubuh serta mampu
mengatasi radikal bebas yang menyerang tubuh.
3. Temulawak dapat menurunkan lemak darah dengan
adanya kandungan kurkuminoid di dalam temulawak.
Dan juga pada fraksi kurkuminoid mampu
menurunkan trigliserida, kadar kolesterol total serta
mampu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).
4. Temulawak juga dapat merangsang nafsu makan
disebabkan oleh adanya efek dari minyak atsiri yang
memiliki sifat karminativum.
5. Manfaat temulawak memiliki kemampuan menjaga
kesehatan fungsi hati dikarenakan dalam temulawak
mengandung kalagoga yang berfungsi untuk
mengatur produksi cairan empedu dalam hati serta
merangsang pengosongan kandung empedu.
6. Temulawak juga dipercaya dapat menyembuhkan
nyeri haid.
7. Temulawak memiliki kemampuan mengobati jerawat.
8. Manfaat temulawak dapat mencegah terjadinya
penggumpalan darah karena dalam temulawak
mengandung kurkumin yang berfungsi menghambat
pembentukan tromboksan B-2 yang merupakan
senyawa yang memiliki fungsi sebagai penggumpal
darah.
9. Temulawak bermanfaat untuk mengurangi radang
sendi serta nyeri, hal tersebut dikarenakan adanya
kandungan kurkumin sebagai antiradang yang dapat
mengurangi nyeri serta radang sendi.
10. Khasiat temulawak juga memiliki kemampuan
mamperbaiki fungsi pencernaan. Dengan adanya
serbuk rimpang temulawak yang mampu
meningkatkan aktivitas cairan yang ada di dalam
lambung yang dapat membantu proses metabolisme
pencernaan serta mengurangi kontraksi pada usus
halus.
Dengan mengetahui begitu besarnya khasiat
temulawak untuk menjaga kesehatan kita. Sangat
disayangkan jika kita tidak memanfaatkan secara
maksimal .







infombah google

0 komentar:

Posting Komentar